Rencong Sebagai Ide Penciptaan Karya Kriya Kayu

Authors

  • Iklas Habibi Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Niko Andeska Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Rahmawati Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

Keywords:

Kriya Kayu, Penciptaan, Rencong

Abstract

Rencong merupakan senjata tradisional masyarakat Aceh yang digunakan sebagai perlindungan dan alat perang pada zaman dahulu. Rencong bukan sekedar senjata masyarakat Aceh, namun juga sebagai identitas masyarakat yang menggambarkan simbol keberanian karena pada zaman dahulu rencong dipakai oleh raja sebagai alat perang. Bentuk karya mengacu kepada bentuk rencong yang diubah bentuknya dengan cara penggayaan (stilisasi). Perubahan bentuk tersebut tidak menghilangkan unsur utamanya sebagai identitas rencong. Untuk mewujudkan bentuk tersebut didukung landasan penciptaan teori bentuk, estetika dan fungsi. Kemudian Metode penciptaaan karya ini terdiri dari tiga langkah, yaitu eksplorasi, perancangan dan perwujudan karya. Secara fungsi karya dibagi menjadi dua, yaitu karya fungsional dan karya ekspresi. Sementara secara bentuk karya berbentuk karya dua dimensi dan karya tiga dimensi. Karya tersebut berfungsi sebagai benda penghias dan pelengkap interior ruangan.

References

Andeska, N. (2018). Daun Sirih Merah Sebagai Ide Penciptaan Kriya Kayu. Jurnal Warna 2 (1): Cilacap.

Bahany AS, Nab. 2016. Warisan Kesenian Aceh. Aceh Multivion: Banda Aceh.

Gustami, Sp 2007. Butir-Butir Mutiara Estetika Timur, Ide Dasar Penciptaan Karya. Prasistwa: Yogyakarta.

Kartika, Dharshono Sony. 2016. Kreasi Artistik. Citra Sains: Karanganyar.

______. 2004. Seni Rupa Modern. Rekayasa Sains: Bandung.

Ramadhan, Rahmad. 2012. “Proses Dan Makna Simbolik Kerajinan Rencong Aceh Produksi H. Harun Keuchik Leumik”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Soedarso, Sp. 2006. Trilogi Seni. Institut Seni Indonesia Yogyakarta: Yogyakarta.

Sufi, Rusdi. Shabri A. Wibowo, Agus Budi. At all. 1998. Keanekaragaman Suku dan Budaya Di Aceh. Balai Kajian Sejarah dan Nilai Budaya Tradisional: Banda Aceh.

Sunarto, Bambang. 2013. Epistemologi Penciptaan Seni. Idea Press: Yogyakarta.

Susanto, Mike. 2002. Diksi Rupa Kumpulan Istilah Seni Rupa. Kanisius anggota IKAPI: Yogyakarta.

Waryanti, Sri. 2013. “Makna Rencong Bagi Ureueng Aceh” Jurnal Patanjala. Vol. 5 No. 3 September 2013 Balai Pelestarian Nilai Budaya Bandung: Bandung

Published

2023-09-20

Issue

Section

Articles